Skip to main content

Teknologi Dan Kemakmuran Bangsa atau Perusahaan

Semua bangsa-bangsa yang dikategorikan sebagai negara maju (Amerika, Inggris, Jerman, Prancis, Finlandia, Korea Selatan, dll) adalah negara-negara yang teknologinya maju. Mereka sudah sampai pada inovasi teknologi, bukan sekedar memakai atau meningkatkan teknologi yang ada.

Teknologi-teknologi yang mereka pilih untuk dikembangkan dengan inovasi-inovasi ternyata telah membawa dampak kemakmuran bagi bangsanya. Teknologi-teknologi yang mereka pilih adalah teknologi yang mampu mereka kembangkan (bukan sebaliknya)

Bagaimana dengan Indonesia? Mengapa pilihan teknologi (misalnya, pesawat terbang) gagal membawa bangsa kita pada tingkat kemakmuran yang diharapkan?
- Mungkin ada masalah dengan pilihan teknologi
- Pilihan teknologi terkait dengan perencanaan teknologi
- Perencanaan teknologi terkait dengan manajemen teknologi
- Manajemen teknologi terkait dengan soal persepsi keterbatasan dan kelimpahan (kelemahan dan kekuatan; apa yang dimiliki secara berlimpah dan apa yang tidak dimiliki secara berlimpah)

Jadi, pilihan teknologi (tepat atau tidak tepat) akan menentukan apakah teknologi akan membawa kemakmuran atau sebaliknya.


TEKNOLOGI DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF BANGSA DAN PERUSAHAAN

Porter (1990) mengatakan bahwa suatu bangsa / perusahaan memiliki keunggulan kompetitif tertentu jika (salah satu) dalam hal itu kinerja bangsa/perusahaan tersebut lebih baik daripada bangsa-bangsa/perusahaan perusahaan lain, karena didukung oleh peta kekuatan sumberdaya terkait (sumberdaya alam, SDM, infrastruktur) yang memadai. Selanjutnya, Porter menyarankan supaya bangsa-bangsa/perusahaan-perusahaan tidak berusaha untuk unggul dalam segala hal, karena peta kekuataannya tidak meliputi segala macam sumberdaya; hanya beberapa.

Oleh karena itu, setiap bangsa/perusahaan harus membuat pilihan: keunggulan apa yang akan dicapai? Keunggulan teknologi, juga, adalah suatu persoalan pilihan. Bangsa/perusahaan-perusahaan kita seharusnya tidak berusaha untuk unggul dalam semua teknologi. Seharusnya, dipilih teknologi-teknologi apa yang akan dikembangkan dan diciptakan di Indonesia yang akan ditunjang oleh peta kekuatan bangsa. Teknologi-teknologi lain yang tidak dapat ditunjang oleh peta kekuatan Nasional, sebaiknya mungkin cukup diimpor atau dimanfaatkan saja untuk memperoleh profesionalisme suatu Bangsa/Perusahaan.

NB: Dari berbagai sumber.


Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Port ?

Mengenal apasih yang dinamakan PORT? kayaknya sering denger tapi belum paham. Nah port itu adalah suatu celah atau pintu atau lubang pada system komputer / micro computer sebagai jalur transfer data. Pada system komputer sebenarnya ada dua jenis Port yaitu : Port fisik,adalah soket atau slot atau colokan yang ada di belakang CPU sebagai penghubung peralatan input-output komputer, misalnya Mouse, keyboard, printer…dll Port Logika (non fisik),adalah port yang di gunakan oleh Software sebagai jalur untuk melakukan koneksi dengan komputer lain, tentunya termasuk koneksi internet Port Logika inilah yang akan kita bahas di sini, yaitu port yang berhubungan secara langsung dengan kegiatan kita ber-internet. 1. Port 80, Web Server Port ini biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikan alamat IP atau hostname di web broeser maka web browser akan melihat IP tsb pada port 80, 2. Port 81, Web Server Alternatif ketika port 80 diblok maka port 81 akan digunakan sebagai port

Mengenal NNTP (Network News Transfer Protocol) Pada Server

NNTP (Network News Transfer Protocol) NNTP merupakan protocol aplikasi internet yang berguna untuk membaca dan mem-posting artikel berita dalam jaringan (membentuk newsgroup dan grup diskusi dalam). Dengan menggunakan reader news client standar seperti Microsoft Outlook Express, pengguna/ user dalam sebuah jaringan dapat membaca artikel dari orang lain yang mempunyai hobi yang sama, mengirim artikel ke user lain dan ikut berpartisipasi dalam sebuah diskusi. NNTP beroperasi dalam sebuah chanel data stream bidirectional 8-bit yang handal. Ketika koneksi terbentuk, NNTP server host harus mengirimkan sebuah pesan pembuka (greeting) kemudian server host dan client host saling mempertukarkan commands dan merespon sampai koneksi tertutup atau dibatalkan. Jika koneksi yang digunakan TCP maka server host akan mulai menjalankan service NNTP dengan membuka sebuah TCP port. Ketika client host ingin menggunakan service maka client haris membentuk koneksi TCP dengan server host dengan cara konek ke

Menghapus Driver Audio Realtek yang Error

Kali ini saya berbagi pengalaman tentang instalasi OS Ms. Windows XP pada komputer. Biasanya setelah instalasi OS selesai kita masukin tu driver-driver device komputernya supaya di detect dan bekerja normal hardwarenya. Nah pas install driver audio / soundcard realtek ada kejadian driver yang diinstall salah, jadi trouble deh. Mau di disable trus un install drivernya, muncul pesan Error boot bla bla.... wah jadi pusing, untung nemu cara gini, silahkan dicoba. Dan biasanya problemnya, Installation failure and terminate alias komputer / laptop jadi bisu karena gagal mengenal Driver audio. Nah penyebabnya, Microsoft Universal Audio Architecture (UAA) driver terlalu memaksa ketika mengenali Realtek HD pada saat instalasi Solusi : - Hapus (UnInstall) terlebih dahulu program Realtek HD Audio - Disable MS UAA Bus Driver for HD Audio Realtek, caranya : Buka Control Panel>Device Manager> cari System Device (bagian bawah) > pada Ms UAA Bus Driver klik kanan pilih Disable trus UnInstall