Skip to main content

Belajar XML

Berikut lanjutan dari pengertian XML.
XML Bagian 2


SINTAKS XML

Seperti telah disebutkan, XML adalah bahasa yang dibentuk dengan tag-tag seperti HTML. Perbedaannya adalah tag pada XML dapat anda buat sendiri sesuai dengan yang di inginkan. Terdapat aturan dalam membuat sintaks XML, peraturannya sangat sederhana tetapi juga sangat ketat. Namun dengan adanya aturan-aturan tersebut membuat XML mudah dipelajari dan digunakan. Dan tentu saja membuat aplikasi mudah untuk membaca data yang di kandung pada XML.
Sebagai contoh perhatikan tag XML berikut ini:
Pada script XML tersebut dapat anda lihat bahwa tag-tag XML dibuat dengan bahasa Indonesia, baris nomor 1 sampai 7 tidak perlu Anda ketik, ini ditujukan hanya untuk mempermudah pembacaan sintaks ketika akan dijelaskan.

Pada baris pertama merupakan komentar yang tidak akan dieksekusi oleh browser. Untuk membuat komentar sintaknya adalah < !—komentar -- >.

Pada baris kedua merupakan deklarasi dokumen sebagai dokumen XML. Deklarasi ini terdiri dari versi XML dan penggunaan karakter encoding untuk keyboard.

Pada baris ketiga terdapat tag < .pesan > yang merupakan elemen root. Elemen root merupakan pembatas untuk membuat satu dokumen XML.

Pada baris keempat sampai keenam merupakan elemen child (untuk, dari, dan isi) yang berisi data-data yang akan dibaca dan ditampilkan pada barus HTML.

Pada baris terakhir merupakan elemen penutup dokumen XML, yang menyatakan dokumen berakhir.

Anda dapat menulis script XMl menggunakan Dreamweaver. Dan untuk menjalankannya dibutuhkan browser Internet Explorer versi 5 keatas atau Netscape versi 6.


ATURAN PENULISAN SINTAKS XML
Terdapat beberapa aturan yang harus anda ikuti dalam membuat tag XML.
Diantaranya adalah :

Semua elemen XML harus ada tag penutupnya.
Tidak seperti pada tag HTML yang beberapa tag-nya tidak membutuhkan tag penutup. Tag pada XML membutuhkan penutup, jika tidak akan terjadi error.

Perhatikan contoh penulisan tag HTML berikut ini:

Jika pada XML maka penulisan tag tersebut akan terjadi error, karena tidak ada tag penutup. Maka penulisannya harus seperti ini:

Tag XML case sensitif.
Penulisan tag XML akan membedakan penggunaan huruf besar (kapital) dan huruf kecil. Sebagai contoh < .Pesan > akan berbeda dengan < .pesan >. Tag pembuka dan penutup harus ditulis sama.

Semua elemen XML yang dibuat harus berkarang dengan benar. Dalam pembuatan tag yang berkarang pada XML harus tersusun dengan benar.

Sebagai contoh pada gambar disamping ini:

Dokumen XML harus mempunyai elemen root. Semua dokumen XML harus mempunyai paling tidak satua buah tag root pembuka dan penutup, dan semua elemen harus berada di dalam tag root. Setiap elemen dapat mempunyai sub elemen (child elemen).

Nilai atribut harus diberikan tanda petik dua. Pada dokumen XML juga terdapat atribut seperti HTML. Nilai atribut harus berada diantara tanda petik dua.

Penggunaan karakter Spasi pada XML akan dihitung. Pada XML penggunaan karakter spasi akan dihitung, lain halnya pada HTML yang tidak memperhitungkan karakter spasi. Pada XML apa yang anda tulis termasuk spasi akan dicetak juga.
Untuk sintak dan aturan penamaan sintak sudah selesai, selanjutnya ditunggu seri aturan penamaan elemen dan menampilkan data dengan browser.

Bersambung...


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa itu Port ?

Mengenal apasih yang dinamakan PORT? kayaknya sering denger tapi belum paham. Nah port itu adalah suatu celah atau pintu atau lubang pada system komputer / micro computer sebagai jalur transfer data. Pada system komputer sebenarnya ada dua jenis Port yaitu : Port fisik,adalah soket atau slot atau colokan yang ada di belakang CPU sebagai penghubung peralatan input-output komputer, misalnya Mouse, keyboard, printer…dll Port Logika (non fisik),adalah port yang di gunakan oleh Software sebagai jalur untuk melakukan koneksi dengan komputer lain, tentunya termasuk koneksi internet Port Logika inilah yang akan kita bahas di sini, yaitu port yang berhubungan secara langsung dengan kegiatan kita ber-internet. 1. Port 80, Web Server Port ini biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikan alamat IP atau hostname di web broeser maka web browser akan melihat IP tsb pada port 80, 2. Port 81, Web Server Alternatif ketika port 80 diblok maka port 81 akan digunakan sebagai port

Mengenal NNTP (Network News Transfer Protocol) Pada Server

NNTP (Network News Transfer Protocol) NNTP merupakan protocol aplikasi internet yang berguna untuk membaca dan mem-posting artikel berita dalam jaringan (membentuk newsgroup dan grup diskusi dalam). Dengan menggunakan reader news client standar seperti Microsoft Outlook Express, pengguna/ user dalam sebuah jaringan dapat membaca artikel dari orang lain yang mempunyai hobi yang sama, mengirim artikel ke user lain dan ikut berpartisipasi dalam sebuah diskusi. NNTP beroperasi dalam sebuah chanel data stream bidirectional 8-bit yang handal. Ketika koneksi terbentuk, NNTP server host harus mengirimkan sebuah pesan pembuka (greeting) kemudian server host dan client host saling mempertukarkan commands dan merespon sampai koneksi tertutup atau dibatalkan. Jika koneksi yang digunakan TCP maka server host akan mulai menjalankan service NNTP dengan membuka sebuah TCP port. Ketika client host ingin menggunakan service maka client haris membentuk koneksi TCP dengan server host dengan cara konek ke

Menghapus Driver Audio Realtek yang Error

Kali ini saya berbagi pengalaman tentang instalasi OS Ms. Windows XP pada komputer. Biasanya setelah instalasi OS selesai kita masukin tu driver-driver device komputernya supaya di detect dan bekerja normal hardwarenya. Nah pas install driver audio / soundcard realtek ada kejadian driver yang diinstall salah, jadi trouble deh. Mau di disable trus un install drivernya, muncul pesan Error boot bla bla.... wah jadi pusing, untung nemu cara gini, silahkan dicoba. Dan biasanya problemnya, Installation failure and terminate alias komputer / laptop jadi bisu karena gagal mengenal Driver audio. Nah penyebabnya, Microsoft Universal Audio Architecture (UAA) driver terlalu memaksa ketika mengenali Realtek HD pada saat instalasi Solusi : - Hapus (UnInstall) terlebih dahulu program Realtek HD Audio - Disable MS UAA Bus Driver for HD Audio Realtek, caranya : Buka Control Panel>Device Manager> cari System Device (bagian bawah) > pada Ms UAA Bus Driver klik kanan pilih Disable trus UnInstall