Skip to main content

XML (eXtensible Markup Language)

Teknologi XML sebenarnya bukanlah suatu bahasa yang baru, XML merupakan meta-language seperti tag HTML yang digunakan untuk mendeskripsikan data-data. Tag-tag pada XML dapat anda buat sendiri sehingga tidak ada tag-tag yang pasti seperti halnya pada tag HTML.


KEGUNAAN XML

Pernahkan anda bertanya-tanya, untuk apa sebenarnya XML itu? Apa sih data yang akan ditampungnya? Apa perlu situs web saya menggunakan XML? semua pertanyaan itu akan diuraikan disini, simaklah cerita berikut.


Ada sebuah perusahaan sepatu terkenal merk "Sepatu Besar" yang merupakan perusahaan pembuat sepatu terbesar di dunia. Perusahaan ini mempunyai situs yang menampilkan semua produk sepatunya dan pengunjung dapat membeli sepatu secara online. Semua data sepatu tersebut tentu saja disimpan dalam database yang di letakkan pada web server.

Kemudian ada sebuah toko sepatu bernama "Sepatu Mungil" yang menjual berbagai macam merk sepatu termasuk sepatu merk "Sepatu Besar". Toko ini juga mempunyai sebuah situs yang menampilkan dan menjual produk-produk yang tersedia secara online. Data - data sepatu merk "Sepatu Besar" di dapat dari situsnya kemudian dimasukkan ke dalam database situs "Sepatu Mungil" secara manual oleh si webmaster, agar dapat ditampilkan pada halaman web sepatu mungil.


Dari cerita singkat tersebut, Anda sudah dapat gambaran betapa repotnya untuk menampilkan data yang selalu up to date, karena setiap data sepatu merk "Sepatu Besar" diubah maka si web master pada toko "Sepatu Mungil" harus menginput kembali data baru tersebut ke dalam databasenya. Bagaimana jika terdapat 100 data baru pada merk "Sepatu Besar" yang harus di update, atau 10 merk sepatu lainnya harus juga di update? Tentu saja hal ini akan memakan waktu dan kinerja yang sangat besar dan melelahkan.

Dengan munculnya Teknologi XML, hal ini tidak akan terjadi. Semua pekerjaan meng-update data terbaru tidak perlu dilakukan karena XML akan mengambil dan mentransfer data yang anda butuhkan untuk ditampilkan pada situs anda.


Mari kita lanjutkan cerita tentang perusahaan sepatu merk "Sepatu Besar" dan toko "Sepatu Mungil". Perusahaan sepatu merk "Sepatu Besar" sudah melengkapi situsnya dengan teknologi XML yang berisi semua data produk yang ada dalam databasenya. Toko sepatu mungil sangat gembira dengan hadirnya teknologi XML ini pada situs sepatu merk "Sepatu Besar", kemudian segera membuat sistem untuk membaca data dari file XML yang ada pada situs "Sepatu Besar" yang selanjutnya ditampilkan pada situsnya.

Dengan adanya XML, jika data pada situs sepatu merk "Sepatu Besar" di update maka informasi sepatu merk "Sepatu Besar" pada situs toko "Sepatu Mungil" juga akan terupdate.

Beberapa hal yang harus Anda ingat mengenai kegunaan XML adalah sebagai berikut:

  • XML dapat memisahkan data dari tag HTML. Biasanya data yang ditampilkan dengan HTML disimpan jadi satu dengan file HTML. Kini dengan XML, data dapat dipisah dari file HTML dan disimpan pada file XML tersendiri. Dengan demikian anda dapat mengkonsentrasikan pada HTML untuk menampilkan dan memformat data, dan XML yang akan berisi data tersebut.
  • XML digunakan untuk pertukaran data meskipun berbeda platform. Pada kenyataannya dalam dunia komputer, sistem komputer dan database mengandung data yang tidak kompatible satu sama lain. Dengan demikian tidak akan mungkin terjadinya pertukaran data melalui internet jika terdapat perbedaan sistem operasi dan aplikasi database yang digunakan. Dengan menggunakan XML untuk pertukaran data, masalah perbedaan platform dan aplikasi tidak perlu diresahkan lagi. Karena data yang disimpan pada XML dapat dibaca oleh berbagai macam platform dan aplikasi.
  • Data pada XML berupa text. Karena data yang disimpan pada XML berupa teks, maka data tersebut akan sangat mudah dibaca oleh berbagai aplikasi. Dan data akan tetap valid meskipun dilakukannya upgrade terhadap sistem operasi, server, aplikasi baru dan browser baru.
  • XML dapat membuat anda menjadi lebih berguna.
  • XML digunakan untuk membuat bahasa baru.


ATRIBUT PADA XML
XML memiliki beberapa bagian di dalam dokumennya, antara lain:

  • Root node yaitu node yang melingkupi keseluruhan dokumen. Dalam satu dokumen hanya ada satu root node. Node-node lainnya berada di dalam root node.
  • Elemen node yaitu bagian dari dokumen XML yang ditandai dengan tag pembuka dan tag penutup, atau bisa juga sebuah tag tunggal elemen kosong seperti . Root node biasa juga disebut root elemen.
  • Attribute node termasuk nama dan nilai atribut yang ditulis pada tab awal sebuah elemen atau pada tag tunggal.
  • Text node adalah text yang merupakan isi dari sebuah elemen, ditulis di antara tag pembuka dan tag penutup.
  • Comment node adalah baris yang tidak dieksekusi oleh parser.
  • Processing instruction node adalah perintah pengolahan dalam dokumen XML. Node ini diawali dengan karakter < ? Dan di akhiri dengan ? >. Namun perlu diingat bahwa header standar XML

    < ?xml version="1.0" encoding="iso-8859-1"? >

    bukanlah processing instruction node. Header standar bukanlah bagian dari hirarki pohon dokumen XML.
  • NameSpace Node, node ini mewakili deklarasi namespace.

    Bersambung...
    Sumber: Buku Kiat Praktis Menjadi Webmaster Profesional





      Comments

      Popular posts from this blog

      Apa itu Port ?

      Mengenal apasih yang dinamakan PORT? kayaknya sering denger tapi belum paham. Nah port itu adalah suatu celah atau pintu atau lubang pada system komputer / micro computer sebagai jalur transfer data. Pada system komputer sebenarnya ada dua jenis Port yaitu : Port fisik,adalah soket atau slot atau colokan yang ada di belakang CPU sebagai penghubung peralatan input-output komputer, misalnya Mouse, keyboard, printer…dll Port Logika (non fisik),adalah port yang di gunakan oleh Software sebagai jalur untuk melakukan koneksi dengan komputer lain, tentunya termasuk koneksi internet Port Logika inilah yang akan kita bahas di sini, yaitu port yang berhubungan secara langsung dengan kegiatan kita ber-internet. 1. Port 80, Web Server Port ini biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikan alamat IP atau hostname di web broeser maka web browser akan melihat IP tsb pada port 80, 2. Port 81, Web Server Alternatif ketika port 80 diblok maka port 81 akan digunakan sebagai port

      Mengenal NNTP (Network News Transfer Protocol) Pada Server

      NNTP (Network News Transfer Protocol) NNTP merupakan protocol aplikasi internet yang berguna untuk membaca dan mem-posting artikel berita dalam jaringan (membentuk newsgroup dan grup diskusi dalam). Dengan menggunakan reader news client standar seperti Microsoft Outlook Express, pengguna/ user dalam sebuah jaringan dapat membaca artikel dari orang lain yang mempunyai hobi yang sama, mengirim artikel ke user lain dan ikut berpartisipasi dalam sebuah diskusi. NNTP beroperasi dalam sebuah chanel data stream bidirectional 8-bit yang handal. Ketika koneksi terbentuk, NNTP server host harus mengirimkan sebuah pesan pembuka (greeting) kemudian server host dan client host saling mempertukarkan commands dan merespon sampai koneksi tertutup atau dibatalkan. Jika koneksi yang digunakan TCP maka server host akan mulai menjalankan service NNTP dengan membuka sebuah TCP port. Ketika client host ingin menggunakan service maka client haris membentuk koneksi TCP dengan server host dengan cara konek ke

      Menghapus Driver Audio Realtek yang Error

      Kali ini saya berbagi pengalaman tentang instalasi OS Ms. Windows XP pada komputer. Biasanya setelah instalasi OS selesai kita masukin tu driver-driver device komputernya supaya di detect dan bekerja normal hardwarenya. Nah pas install driver audio / soundcard realtek ada kejadian driver yang diinstall salah, jadi trouble deh. Mau di disable trus un install drivernya, muncul pesan Error boot bla bla.... wah jadi pusing, untung nemu cara gini, silahkan dicoba. Dan biasanya problemnya, Installation failure and terminate alias komputer / laptop jadi bisu karena gagal mengenal Driver audio. Nah penyebabnya, Microsoft Universal Audio Architecture (UAA) driver terlalu memaksa ketika mengenali Realtek HD pada saat instalasi Solusi : - Hapus (UnInstall) terlebih dahulu program Realtek HD Audio - Disable MS UAA Bus Driver for HD Audio Realtek, caranya : Buka Control Panel>Device Manager> cari System Device (bagian bawah) > pada Ms UAA Bus Driver klik kanan pilih Disable trus UnInstall