Skip to main content

Apa Itu Komputer ?

Teknologi kali ini kita bahas adalah tentang Komputer. Kata komputer berasal dari bahasa inggris yaitu to computare yang memiliki arti untuk menghitung. Memang pada awalnya komputer adalah alat yang digunakan untuk membantu manusia dalam proses perhitungan. Contoh komputer yang paling sederhana adalah sempoa. Seiring dengan perkembangan jaman dan tuntutan manusia akan informasi maka komputer disini berkembang sangat pesat dari hanya sebagai alat perhitungan berkembang menjadi alat komunikasi , kedokteran, pendidikan dan lainnya.

Komputer seperti halnya radio , televisi dan peralatan elektronik pada umumnya merupakan rangkaian alat elektronik. Perbedaannya komputer bisa digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang bekerja secara sistematis berdasarkan suatu perintah atau instruksi yang diberikan kepadanya. Dengan kata lain komputer adalah serangkaian alat elektronik yang bekerja secara sistematis untuk membantu meringankan tugas manusia berdasarkan instruksi yang diberikan kepadanya.

Jenis-jenis Komputer
Kalau kita melihat lebih rinci komputer memiliki perbedaan-perbedaan menurut data yang diolah, besarnya memori dan tahun pembuatannya.

Menurut Tahun pembuatannya :
- Komputer Generasi pertama ( sebelum tahun 1957 )
- Komputer generasi kedua ( 1957 – 1963 )
- Komputer generasi ketiga ( 1963 – 1971 )
- Komputer generasi keempat ( 1971- sekarang )

Menurut data yang diolah :
- Komputer Analog
- Komputer Digital
- Komputer Hybrid

Menurut Besarnya Memori :
- Komputer Mainframe
- Koomputer Micro
- Komputer Mini

Elemen Penting dalam Komputer
Elemen penting yang terkandung dalam suatu komputer pada dasarnya dibagi menjadi 3 bagian yaitu : Hardware , software dan Brainware

Hardware
Hardware adalah peralatan yang dapat dilihat dan disentuh serta dapat dirasakan dengan sentuhan. Perangkat keras ini terdiri dari peralatan-peralatan yang berfungsi sebagai alat input . Seperti bagan di bawah ini :

INPUT ------ PROSES ------- OUTPUT

Dari proses diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :
User memberikan instruksi / perintah ke komputer berupa data-data baik itu karakter , gambar ataupun suara , ini dinamakan proses input. Kemudian data diolah /diproses di dalam prosesor dengan bantuan memori , dan terakhir data yang telah diproses tersebut dikeluarkan dalam bentuk informasi melalui alat-alat output yang ada.

Peralatan Input
Untuk proses input data sudah tentu memerlukan peralatan input . Peralatannya antara lain : Mouse, Keyboard, scanner, port I/O dan lainnya.

Peralatan Proses
Data yang masuk ke dalam komputer dolah oleh CPU , CPU terdiri dari unit pemrosesan dan Unit Memori . Unit pemrosesan terdiri dari AU ( Aritmetical unit ) dan LU ( logical unit ), AU mengolah data berupa instruksi aritmatika seperti operasi + , - , X , : dan LU ( logical unit ) mengolah data berupa instruksi logika seperti and , not , or , >,< , >= , <= ,<> , = dsb. Unit memori merupakan tempat penyimpanan data sementara sebelum data diolah oleh prosesor.

Peralatan Output
Data yang telah diproses memerlukan suatu alat untuk menampilkan hasilnya, alat yang diperlukan adalah monitor, printer , plotter ,speaker dan lainnya

Software
Software pada hakikatnya adalah sesuatu yang dapat dilihat tetapi tidak dapat dipegang atau diraba. Dengan kata lain hanya dapat dinikmati , digunakan dan dilihat hasilnya. Software inilah yang menjebatani antara hardware komputer dengan manusia. Tanpa adanya software komputer tidak akan berfungsi. Software terdiri dari : Package Software dan Application software.

Brainware
Brainware adalah manusia yang mempunyai keahlian khusus atau sumber daya manusia yang mampu menggunakan komputer tersebut sesuai dengan bidangnya. Beberapa jabatan yang termasuk dlam brainware adalah : System Analist, Programmer , operator , Technical support dsb.

Komponen – Komponen Komputer
Seperti yang telah dijelaskan diatas komputer terdiri dari komponen-komponen hardware. Komponen dasar PC antara lain :

Casing
Merupakan tempat penyimpanan peralatan atau komponen hardware komputer. Peralatan yan berada di dalam casing meliputi mainboard, power supply , disk drive , harddisk , kartu grafis , kartu suara dan lailn-lain.

Motherboard
Merupakan kumpulan rangkaian peralatan elektronik utama dari sebuah komputer. Motherboard sangat penting artinya karena semua komponen lain seperti prosesor, memori, VGA card dan lainnya saling dihubungkan satu dengan lainnya melalui motherboard.

Prosesor
Pada dasarnya prosesor adalah sebuah rangkaian elektronik ( transistor ) yang berfungsi sebagai saklar on/off yang kemudian diaktifkan oleh bahasa pemrograman.

Memori (RAM)
Piranti ini memegang peranan yang vital dalam sebuah PC. Memori berfungsi sebagai penyimpanan data sementara sebelum dan sesudah diolah oleh prosesor.

Harddisk
Media ini adalah suatu media penyimpanan yang tetap atau berjangka waktu lama. Media ini akan tetap berada dalam PC ketika PC tersebut tengah beroperasi dan tempat tersimpannya sistem operasi seperti windows,Linux dsb.

Floppy Disk Drive
Alat ini berfungsi untuk menyimpan dan membaca data ke dalam media floppy disk. FDD merupakan kebutuhan standar dari sebuah PC. FDD mempunyai ukuran dan spesifikasi yang beragam, disesuaikan dengan media yang dipergunakan. Ukuran standar yang masih digunakan adalah 3 ½ inch dengan kapasitas 1.44 MB.

CD-ROM/CD RW / DVD ROM / DVD RW
Semua media tersebut adalah termasuk optical media storage. Dengan menggunakan drive ini kita dapat menyimpan ataupun membaca data dalam bentuk compact disk atau digital volatile disk ( DVD ) . Kualitas drive-drive tersebut ditentukan oleh kecepatan transfer data dalam pembacaan ataupun penulisan data dari atau ke dalam disk.

VGA Adapter
Modul ini berfungsi untuk membangkitkan sinyal dan mengolahnya sehingga dapat ditampilkan ke dalam layar. Interface yang digunakan adalah PCI bus atau AGP bus. Jenis yang banyak beredar adalah VGA dengan jenis AGP bus yang kecepatannya sudah mencapai 8x .

Soundcard, Sound Blaster, Audio Codec.
Kartu – kartu tersebut merupakan modul-modul yang berfungsi untuk mengubah data digital menjadi data analog berupa suara

Kartu jaringan
Kartu ini berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer dalam jaringan dengan standar ethernet dengan kemampuan transfer data antara 10-100 MBps.

Monitor
Monitor dalam sebuah PC adalah merupakan perangkat sebagai interpreter dari bahasa mesin menjadi bahasa yang dimengerti oleh manusia .Monitor menampilkan seluruh hasil kerja komputer dalam bentuk gambar dan tulisan .

Keyboard dan Mouse
Perangkat ini merupakan perangkat yang berfungsi untuk menginput perintah dan data yang akan dipergunakan komputer. Keyboard berisikan banyak tombol yang masing-masing mempresentasikan karakter tertentu. Beberapa vendor menambahkan beberapa tombol tambahan untuk fungsi-fungsi tertentu sebagai shortcut, sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan program-program tertentu.


Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Port ?

Mengenal apasih yang dinamakan PORT? kayaknya sering denger tapi belum paham. Nah port itu adalah suatu celah atau pintu atau lubang pada system komputer / micro computer sebagai jalur transfer data. Pada system komputer sebenarnya ada dua jenis Port yaitu : Port fisik,adalah soket atau slot atau colokan yang ada di belakang CPU sebagai penghubung peralatan input-output komputer, misalnya Mouse, keyboard, printer…dll Port Logika (non fisik),adalah port yang di gunakan oleh Software sebagai jalur untuk melakukan koneksi dengan komputer lain, tentunya termasuk koneksi internet Port Logika inilah yang akan kita bahas di sini, yaitu port yang berhubungan secara langsung dengan kegiatan kita ber-internet. 1. Port 80, Web Server Port ini biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikan alamat IP atau hostname di web broeser maka web browser akan melihat IP tsb pada port 80, 2. Port 81, Web Server Alternatif ketika port 80 diblok maka port 81 akan digunakan sebagai port

Mengenal NNTP (Network News Transfer Protocol) Pada Server

NNTP (Network News Transfer Protocol) NNTP merupakan protocol aplikasi internet yang berguna untuk membaca dan mem-posting artikel berita dalam jaringan (membentuk newsgroup dan grup diskusi dalam). Dengan menggunakan reader news client standar seperti Microsoft Outlook Express, pengguna/ user dalam sebuah jaringan dapat membaca artikel dari orang lain yang mempunyai hobi yang sama, mengirim artikel ke user lain dan ikut berpartisipasi dalam sebuah diskusi. NNTP beroperasi dalam sebuah chanel data stream bidirectional 8-bit yang handal. Ketika koneksi terbentuk, NNTP server host harus mengirimkan sebuah pesan pembuka (greeting) kemudian server host dan client host saling mempertukarkan commands dan merespon sampai koneksi tertutup atau dibatalkan. Jika koneksi yang digunakan TCP maka server host akan mulai menjalankan service NNTP dengan membuka sebuah TCP port. Ketika client host ingin menggunakan service maka client haris membentuk koneksi TCP dengan server host dengan cara konek ke

Menghapus Driver Audio Realtek yang Error

Kali ini saya berbagi pengalaman tentang instalasi OS Ms. Windows XP pada komputer. Biasanya setelah instalasi OS selesai kita masukin tu driver-driver device komputernya supaya di detect dan bekerja normal hardwarenya. Nah pas install driver audio / soundcard realtek ada kejadian driver yang diinstall salah, jadi trouble deh. Mau di disable trus un install drivernya, muncul pesan Error boot bla bla.... wah jadi pusing, untung nemu cara gini, silahkan dicoba. Dan biasanya problemnya, Installation failure and terminate alias komputer / laptop jadi bisu karena gagal mengenal Driver audio. Nah penyebabnya, Microsoft Universal Audio Architecture (UAA) driver terlalu memaksa ketika mengenali Realtek HD pada saat instalasi Solusi : - Hapus (UnInstall) terlebih dahulu program Realtek HD Audio - Disable MS UAA Bus Driver for HD Audio Realtek, caranya : Buka Control Panel>Device Manager> cari System Device (bagian bawah) > pada Ms UAA Bus Driver klik kanan pilih Disable trus UnInstall